D-ONENEWS.COM

Tim Putri Bola Tangan Jatim Berpeluang Lolos ke Semifinal, Disusul 4 Pebiliar Masuk Final

Mimika,(DOC) – Tim putri bola tangan Jawa Timur (Jatim) memetik kemenangan di laga kedua babak penyisihan Grup A. Jatim mengalahkan tuan rumah Papua dengan skor 12-11 di GOR Futsal SP2 Mimika, Minggu (10/10/2021).

Meski sudah menangi laga tersebut, Jatim lewat kemenangan tersebut punya peluang lolos ke semifinal. Hanya saja peluang mereka sangat kecil, karena nasib mereka bergantung pada pertandingan antara Kaltim dan Papua.

Bola tangan Jatim mengawali pertandingan hari ini dengan sempurna. Kekalahan kemarin, membuat Jatim tidak punya pilihan lain. Menang atau pulang. Ternyata motivasi tersebut membawa mereka unggul 10-4 di babak pertama.

“Anak-anak di babak pertama bermain ngeyel. Ini bagus karena kami bisa unggul. Tapi di babak kedua, euforia justru menurunkan fokus pemain,” ungkap pelatih Sugeng Tri Atmojo usai laga.

Benar apa yang dikatakan Sugeng. Karena di babak kedua Jatim hampir tersusul. Papua bisa menambah tujuh gol. Sementara Jatim hanya dua gol saja. Beruntung saat akhir laga, Jatim bisa menang.

“Sedikit meremehkan lawan. Itu yang terjadi di babak kedua. Malah kami hampir kecolongan dari tuan rumah, karena konsentrasi menurun,” imbuh Sugeng.

Sebenarnya kemenangan ini penting bagi Jatim. Namun menurut Sugeng, menang saja tidak cukup. Karena harus menang dengan banyak gol untuk mengantisipasi penghitungan selisih gol di klasemen akhir.

Saat ini Jatim ada di urutan kedua dengan sekali menang dan sekali kalah. Besok, Kaltim akan bertanding melawan Papua. Kalau Kaltim menang, Jatim otomatis lolos ke semifinal. Tapi kalau sebaliknya yang terjadi, Papua menang, maka akan ada penghitungan klasemen untuk menentukan siapa yang lolos ke fase berikutnya.

“Untuk yang pertama dihitung head-to-head. Kalau sama, maka akan dihitung dari selisih gol. Kalau dilihat di atas kertas, dengan materi yang mumpuni, seharusnya Kaltim bisa menang mudah. Namun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di lapangan besok,” jelas Sugeng.

Kalau Jatim lolos ke babak selanjutnya, menurut Sugeng, kemungkinan besar akan berhadapan dengan Jawa Barat. Karena saat ini Jabar unggul dari DKI Jakarta. Sementara DKI Jakarta menang atas Jawa Tengah.

Empat Pebilliar asal Jatim Melaju ke Babak FinalĀ 

Semetara itu di Cabang Olahraga (Cabor) Billiar, sebanyak empat pebiliar Jawa Timur yang turun di bola 9 double dan bola 10 single putri, melaju ke babak final dan delapan besar. Sementara dua pemain bola tiga nomor libre dan cadre kalah.

Bertanding di GOR biliar SP5 Kabupaten Mimika, Minggu (10/10/2021), Erwin Kurniawan dan Rudy Susanto tembus final setelah mengalahkan tim Sulawesi Selatan dengan angka telak 8-1.

Di babak final yang akan berlangsung Senin (11/10/2021), pasangan Jatim Erwin dan Rudy, sebelumnya telah mempersembahkan medali perunggu di bola 8 ganda, akan bertemu pasangan Arun dan Dayat dari Kalimantan Selatan.

“Mohon doa restu dari masyarakat Jawa Timur agar kami bisa berhasil memenangkan pertandingan besok dan meraih medali emas,” kata Erwin.

Di hari yang sama, dua atlet putri Jatim Anabella Putri Yohana dan Amelia Putri Rahanda, di babak 16 besar, juga menang atas lawan-lawannya dan melaju ke babak 8 besar.

Anabella tampil meyakinkan dan menghempaskan lawannya dari Sulsel dengan skor 7-0. Tak mau kalah, Amelia juga menang telak atas Lafitri dari DI Yogyakarta dengan skor 7-0. Kedua atlet biliar Jatim asal Pasuruan ini adalah saudara kandung.

Sayangnya, kemenangan yang diraih pool bola 9 dan 10, tidak diikuti oleh pemain bola tiga andalan Jatim. Ananta Sigit Sidharta dan Sanjaya Limanto yang turun di nomor libre dan cadre satu ban harus mengakui kekalahannya.

Pelatih Tim Biliar Jatim Tony Ho mengatakan, agak kecewa dengan hasil yang diperoleh pemain bola tiga. “Itulah permainan, ada yang menang dan kalah. Sekarang, kesempatan pak Ananta dan Sanjaya tinggal bermain di nomor tiga ban. Semoga keduanya bisa bermain lebih bagus lagi,” katanya.

Untuk ganda bola, Tony mengatakan peluang Erwin dan Rudy sangat besar untuk meraih medali emas.

“Ganda bola sembilan ini salah satu terget kita untuk bisa meraih emas. Sedangkan Anabella dan Amelia yang sudah lolos ke babak delapan besar, semoga bisa masuk semifinal. Saya melihat permainan keduanya semakin bagus dan fokus. Semoga semua bisa berhasil meraih emas,” ujar Tony Ho.(ng/r7)

Loading...

baca juga