D-ONENEWS.COM

Bupati Paparkan Potensi Lumajang Ke Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Lumajang,(DOC) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyambut kedatangan pihak Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Senin (16/11/2020).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menerangkan bahwa di Kabupaten Lumajang potensi destinasi wisatanya sangat banyak dan bagus, serta komoditi unggulannya beragam.

Cak Thoriq menyampaikan bahwa saat ini ada beberapa destinasi wisata unggulan yang sedang dikembangkan oleh pihak Pemkab Lumajang di Wilayah Kecamatan Senduro, agar lebih banyak mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Di Lumajang ada wanawisata Siti Sundari, Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo yang saat ini banyak orang yang hadir disana,” ungkapnya.

Dalam acara rapat tersebut, selain membahas terkait konsep kehutanan sosial.

Bupati berharap,agar potensi wisata yang ada di Desa Burno Kecamatan Senduro, bisa dibentuk sebagai daerah eco tourism dan edukasi tourism yang berkenaan dengan pengelolaan kehutanan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian, Pemanfaatan dan Pelestarian Hutan, Debuti Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Fatma Puspitasari menjelaskan bahwa terdapat rencana usulan observasi Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) percontohan, yang berdasarkan hasil Ratas 03 November 2020, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyampaikan terdapat 8 usulan lokasi di wilayah Indonesia, agar presiden RI, Joko Widodo dapat melakukan kunjungan kerja.

“Salah satu rencana usulan observasi KUPS percontohannya yakni, KULIN KK Wono Lestari Kabupaten Lumajang,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan melakukan survey lokasi terlebih dahulu di daerah Ranu Pani dan Wana Wisata Siti Sundari untuk mengecek kondisi di lapang secara langsung pada tanggal 17 November 2020. (Imam)

Loading...