D-ONENEWS.COM

Implementasi Kegiatan Program MBKM Kampus Mengajar 5 di SDN Krembangan Selatan X Surabaya

Surabaya, (DOC) – Pada tahun akademik 2022-2023, mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjalankan kegiatan wajib yaitu Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM sendiri memiliki beberapa macam kegiatan, salah satunya Kampus Mengajar. Kampus Mengajar (KM)  ialah program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan dasar.

Kampus Mengajar Angkatan 5  menugaskan mahasiswa ke satuan pendidikan dasar terdekat dari domisili yang didaftarkan peserta mahasiswa pada saat pendaftaran di laman MBKM. Program Kampus Mengajar menyasar sekolah-sekolah yang membutuhkan bantuan untuk peningkatan literasi dan numerasi berdasarkan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021.

Dalam 1 instansi sekolah dasar, terdapat 5 mahasiswa dari berbagai universitas yang telah mendaftarkan diri dalam kegiatan kampus mengajar ini untuk dapat bertugas di sekolah dasar. Pada penugasan Kampus Mengajar 5 ini, salah satunya mahasiswa UPN ‘Veteran’ Jawa Timur yang bertugas di SDN Krembangan Selatan X, Syemti lizanti dari Program Studi Arsitektur, Fakultas Arsitektur dan Desain. Tak sendiri, ada juga beberapa rekan-rekan mahasiswa dari berbaggai universitas lain ikut bekerjasama di sekolah SDN Krembangan Selatan X. Rekan-rekan Mahasiswa ini ialah Yassinta Putri (UNESA), Naila Fikrotun Nabila (UNUSA), Anita Rahma (UNESA), Achmad Fahruddin (UNIPA).

Sebelum melaksanakan penugasan kampus mengajar, mahasiswa diberi pembekalan beberapa materi berupa gambaran bagaimana penugasan kampus mengajar berlangsung. Sebelum resmi terjun ke tempat penugasan mereka melakukan kunjungan bersama dengan Dosen Pendaming Lapangan (DPL) untuk meminta ijin dan memberikan informasi kepada seluruh warga SDN Krembangan Selatan X, bahwa Mahasiswa Kampus Mengajar akan memulai kegiatan di tanggal 20 Februari 2023 hingga 9 Juni 2023. Mereka disambut hangat oleh seluruh Guru, Staf, dan Siswa/Siswi SDN Krembangan Selatan X.

Pada awal penugasan Ke-5 Mahasiswa ini melakukan observasi untuk mengetahui program apa saja yang akan dibuat, dan juga juga melakukan adaptasi dengan mempelajari keadaan di lingkungan SDN Krembangan Selatan X. Selama penugasan para Mahasiswa melakukan program kerja tambahan lainnya, diantaranya Hidroponik, Perpus Ceria, Mading Merdeka, Numercy Learning, Gerakan PBB (pengaktifan Pojok Baca), Extra Class, Lomba Ceritakan Cerianya Ramadhanmu, Mind Mapping Perencanaan Karierku, Numercy Creativity. Diluar kegiatan program kerja mahasiswa-mahasiswa juga ikut serta membantu mengisi kelas pada jam kosong, membantu kegiatan sekolah seperti isra’ miroj, pondok romadhon, kegiatan UKK kelas 6, lomba mewarna hari jadi kota surabaya, dan mengikuti kegiatan KTS kelas 4 dan 5.

Setelah berjalannya kegiatan KM ini, Yassinta Putri selaku ketua kelompok KM5 mengatakan dari pihak sekolah memberikan respon baik serta dukungan penuh. “Pihak sekolah sangat terbuka dan menyambut kehadiran kami dengan sangat hangat, pihak sekolah juga mendukung penuh setiap pelaksanaan program kerja yang kami lakukan” ujarnya.

IG Kampus Mengajar 5 : @km5_sdnkrembanganselatan10
IG MBKM KM5 : @km5_syemtilizanti

(fr/sym)

Loading...

baca juga