D-ONENEWS.COM

Ini 3 Makanan Pertahanan Diri Saat New Normal

Jakarta (DOC) – Era new normal atau tatanan hidup baru rencananya akan diterapkan agar aktivitas bisa berjalan seperti biasa di tengah pandemi COVID-19. Untuk bisa tetap sehat menjalaninya, dibutuhkan asupan tepat khususnya makanan bagi paru-paru.

Kesehatan tubuh secara keseluruhan perlu dijaga demi membentengi diri dari ancaman virus corona SARS-CoV-2 itu. Terlebih, paru-paru yang sehat dapat mencegah serangan COVID-19 yang bisa didapatkan di mana saja.

Beberapa pakar juga menyetujui bahwa penyakit paru yang telah menurunkan fungsi kerjanya, dapat mempermudah penularan COVID-19. Untuk itu, organ penting tersebut harus dijaga dengan tepat melalui asupan yang baik.

Prinsip asupan khusus menjaga kesehatan paru-paru dimulai dari membatasi karbohidrat. Sebab, karbohidrat berlebih dapat membuat produksi karbondioksida banyak dan memperberat kerja paru-paru.

“Tetap diperlukan tapi batasi. Contoh hanya makan nasi saja seperti menu nasi goreng. Makanan tinggi karbohidrat akan dimetabolisme jadi karbondioksoda,” ujar dokter spesialis gizi klinis, dr. Raissa Djuanda M.Gizi, Sp.GK, seperti dilansir dari Vivanews, Kamis (11/6).

Kedua, organ paru-paru membutuhkan asupan dari jenis curcumin seperti temulawak, jahe, dan kunyit untuk tingkatkan imunitas. Jika paru-paru sedang sedang diserang bakteri atau virus lain, maka curcumin juga bersifat mengencerkan dahak sebagai bentuk pertahanan diri dari penyakit.

“Bisa diolah jadi minuman atau memasaknya jadi makanan. Pàda minuman, jangan tambahkan susu karena bisa turunkan khasiatnya,” kata dia.

Terakhir, paru-paru butuh asupan tinggi oksidan untuk perangi radikal bebas yang terhirup dari debu dan asap. Sayur dan buah seperti brokoli, bayam, wortel, tomat, dan apel sangat dianjurkan karena memiliki kadar antioksidan tinggi.(viv)

Loading...

baca juga