D-ONENEWS.COM

ODGJ Sentra Soeharso Ikut Lebaran

ODGJ Sentra Soeharso Ikut Lebaran Surakarta,(DOC) – Lebaran Idul Fitri adalah milik semua orang, termasuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Hal ini seperti yang di rasakan oleh ODGJ di Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta.

Terdapat 42 ODGJ yang tinggal di Sentra Terpadu Prof. DR. Soeharso Surakarta, dan semuanya laki-laki berusia berkisar 20 tahun hingga yang paling tua sekitar 70 tahun.

Dari puluhan ODGJ tersebut, baru 9(sembilan) orang yang memiliki respon baik. Bisa di ajak ngobrol, belajar keterampilan dan membantu berbagai kegiatan di sentra. Mulai membersihkan halaman hingga mencuci piring. “Bahkan saat Ramadhan lalu, beberapa di antaranya ikut puasa dan sahur,” kata Indra Trisnowijayanto, salah seorang pengasuh ODGJ Sentra Terpadu Prof. DR. Soeharso Surakarta.

Indra Trisnowijayanto bekerja sebagai pengasuh ODGJ di Sentra Terpadu Prof. DR. Soeharso Surakarta bersama pengasuh lainnya, yakni Handri Saputro dan Handi Akbar. Mereka bergiliran mendampingi ODGJ dan juga melayani 30 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

PPKS di Sentra Terpadu Prof. DR. Soeharso Surakarta, adalah penyandang disabilitas fisik, disabilitas mental, disabilitas rungu, wicara dan disabilitas lainnya. Butuh kesabaran, ketulusan dan pengabdian sepenuh hati menangani ODGJ. “Saya senang bertugas di sini dan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka,” kata Indra yang bertugas menangani ODGJ sejak November 2022 lalu.

ODGJ Sentra Terpadu Prof Soeharso Sholat Ied Berjamaah

Salah satu pelajaran penting selama menangani ODGJ adalah rasa syukur kepada Tuhan karena di berikan kesehatan yang prima. Ada pepatah Latin yang bunyinya, “Bona valetudo melior est quam maximae divitae”. Artinya kesehatan lebih berharga dari kekayaan yang melimpah. “Saya bersyukur, karena di beri kesehatan oleh Tuhan. Semoga bisa terus melayani teman-teman ODGJ,” kata Indra menambahkan.

Kebahagiaan juga ia rasakan ketika ODGJ di nyatakan sembuh oleh dokter dan bisa di kembalikan kepada keluarganya. Sejak bertugas November 2022, setidaknya sudah enam orang ODGJ yang di kembalikan kepada keluarganya karena memiliki respon bagus dan sehat. “Keluarganya pun bersedia menerimanya” tambahnya.

Kesedihan juga ada yang di rasakan Indra saat melayani ODGJ, yakni saat ODGJ sakit terutama yang responnya masih belum bagus. Mereka belum bisa di ajak bicara sehingga tidak tahu apa yang menjadi keluhan mereka. Biasanya penanganan selanjutnya di koordinasikan dengan dokter atau dengan rumah sakit jiwa.

Di moment Lebaran yang baru lalu, kebahagiaan juga di rasakan Indra Trisnowijayanto serta temannya, Handri Saputro dan Handi Akbar. Ketika gema takbir berkumandang saat subuh di hari Idul Fitri, beberapa ODGJ bersiap mengikuti Sholat Ied yang di gelar di halaman Sentra Terpadu Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Mereka mengenakan sarung dan pakaian terbaik, kemudian Sholat Ied berjemaah dengan yang lain. ODGJ asuhannya itu terlihat khusu’ mendengarkan khutbah Sholat Ied.

Setelah Sholat Ied, kebagiaan terpancar dari beberapa ODGJ ketika keluarganya menjenguk di saat Lebaran. Menyaksikan itu, para petugas Sentra Terpadu seperti Indra dan teman-temanya merasakan bahagia. Kebahagiaan di sertai doa tulus, semoga mereka sehat kembali dan bisa segera berkumpul dengan keluarga yang di cintai. Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin.(hm/r7)

Loading...

baca juga