D-ONENEWS.COM

Pasien Positif Covid-19 di Jatim Sudah Capai 438 Orang

Surabaya,(DOC) – Jumlah pasien positif Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) pada Senin(13/4/2020) hari ini, kembali terjadi penambahan sebanyak 52 orang.

Kini total kasus Covid-19 di Jatim mencapai 438 orang atau naik dari jumlah sebelumnya, yakni 386 pasien positif.

“Hari ini tercatat yang terkonfirmasi positif total di Jawa Timur ada 438,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin(13/4/2020) malam.

Menurut Gubernur Khofifah, dengan penambahan pasien positif Covid-19 di Jatim ini, maka telah tercatat satu daerah pandemi baru, yakni Kabupaten Mojokerto yang ditemukan satu orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Total wilayah kabupaten/kota se Jatim yang masuk wilayah terjangkit atau zona merah mencapai 33 wilayah.

“Kemarin, Minggu(13/4/2020)), Kabupaten Mojokerto masih kategori kuning. Hari ini, Senin(13/4/2020) Kabupaten Mojokerto sudah masuk daerah merah karena sudah mulai terjangkit dan sudah ada kasus konfirmasi positif,” tandasnya.

Khofifah merinci pasien tambahan yang positif terjangkit virus corona, yaitu Surabay sebanyak 28 pasien baru, Sidoarjo delapan pasien, Tulungagung empat pasien, Gresik tiga pasien, Jombang tiga pasien, Bojonegoro dua pasien, Kabupaten Kediri satu pasien dan Lamongan satu pasien.

“Kota Surabaya tambah 28,  kemarin tambah 83. Sehingga total yang ter konfirmasi positif di Surabaya ada 208,” lanjut Khofifah.

Mengenai pasien positif yang dinyatakan sembuh, kata Khofifah, terdapat tujuh pasien tambahan, sehingga total pasien sembuh menjadi 76 orang atau setara dengan 17,35 persen.

Data sebelumnya, ada 69 pasien positif yang dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Mereka beasal dari Surabaya sebanyak empat orang, dan dari Gresik, Sidoarjo serta Situbondo masing-masing satu orang.

“Alhamdulillah kita mendapat informasi ada tujuh yang terkonfersi negatif, itu artinya sembuh,” kata Khofifah.

Mengenai pasien positif yang meninggal dunia, terdapat 11 orang, yakni sembilan berasal dari Surabaya dan dua orang dari Sidoarjo.

“Kita mutlak harus siap di rumah dan keluar rumah menggunakan masker untuk kepentingan yang sangat terjamin dan batasi interaksi di luar rumah,” ujar Khofifah.

Berdasarkan data Pemprov Jatim, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat 1.447 pasien. Namun, yang masih dalam pengawasan 872 pasien. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 14.423 orang. Yang masih dalam pemantauan 7.813 orang.(div)

Loading...

baca juga