D-ONENEWS.COM

Polres Lumajang Siapkan Pos Penyekatan Larangan Mudik Dari Arah Probolinggo dan Malang

Lumajang,(DOC) – Jembatan timbang Klakah, Kabupaten Lumajang akan menjadi salah satu pos penyekatan arus mudik lebaran oleh Polres Lumajang.

Menurut Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Andrias Shinta, pos penyekatan di jembatan timbang Klakah, akan terbagi 3 pos, untuk filterisasi (pengecekan) asal datangnya kendaraan dengan identitas, KTP, Surat Jalan Dinas, Surat Kesehatan hasil Rapidtest Antigen 1×24 jam.

“Bagi kendaraan yang tidak dilengkapi dengan persyaratan pada point 1 maka wajib berhenti di pos 2(dua) Kesehatan,” jelasnya, Senin(3/5/2021).

Di pos kesehatan atau pos penyeketan kedua, petugas akan mengecek kesehatan pengemudi dan penumpang. Pada pos pertama dan kedua, petugas akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk diserahkan ke pos berikutnya oleh para pengendara.

“Di Pos 3(ketiga), petugas akan mengecek surat rekomendasi untuk memfilter para pengemudi, apakah boleh melanjutkan perjalanan atau tidak dan harus berputar balik,” tandasnya.

Rencananya pos penyekatan akan effektif dioperasionalkan mulai Kamis(6/5/2021) nanti, seiring dengan diterapkannya Larangan Mudik Lebaran berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. Pos Penyeketam Larangan Mudik Lebaran ini, juga akan bebarengan dengan pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021 yang berakhir para 17 Mei mendatang.

“Pos penyekatan jembatan timbang Klakah akan menyaring pemudik dari arah Probolinggo, dimulai tanggal 6 – 17 Mei 2021. Kami terus sosialisasikan ke masyarakat agar diketahui,” terang Ipda Andrias Shinta.

Selain di Klakah, pos penyekatan juga di dirikan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, dan Pos Pam QR Sabhara. “Di pos penyekatan Pronojiwo, petugas akan menyaring pemudik dari arah Malang,” tambahnya.

Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si, menerangkan, sejak akhir April 2021 lalu, petugas kepolisian telah menyiapkan pos-pos penyekatan dan OPS Ketupat Semeru 2021,  mulai dari proses pinjam pakai tempat kepada pihak BPTD XI Provinsi Jawa Timur.

“Polres Lumajang sudah mengajukan pinjam pakai kepada Kepala BPTD XI Provinsi Jatim untuk menggunakan Jembatan Timbang Klakah. Kita sulap jadi Pos Penyekatan Mudik pada Ops Ketupat Semeru 2021,” terangnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga