D-ONENEWS.COM

Lima Kabupaten di Jawa Timur Siap Berlaga di Penghargaan Ketahanan Pangan 2024

Lima Kabupaten di Jawa Timur Siap Berlaga di Penghargaan Ketahanan Pangan 2024Malang, (DOC) – Lima daerah di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Kota Kediri, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Tulungagung. Terpilih sebagai nominator dalam Award Peduli Ketahanan Pangan 2024.

Pengumuman pemenang akan di laksanakan pada Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 tingkat Provinsi Jawa Timur. Acara akan di gelar di JX International Convention Exhibition (Jatim Expo) pada 16 Oktober mendatang.

Ketua tim juri Award Peduli Ketahanan Pangan 2024, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, M.P., menyampaikan bahwa nominasi ini adalah bentuk apresiasi atas kerja keras masing-masing daerah. Apresiasi dalam memperkuat ketahanan pangan melalui berbagai program inovatif.

“Ada beberapa aspek yang kami telaah. Di antaranya pengembangan pertanian berkelanjutan, pemanfaatan teknologi pertanian, dan pelatihan bagi petani. Kelima daerah ini menunjukkan komitmen yang kuat terhadap ketahanan pangan,” ujar Teguh, Senin (14/10/2024).

Tim juri Award Peduli Ketahanan Pangan 2024 terdiri dari perwakilan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Timur. Dan The Jawa Pos Institute of Pro Otonomi (JPIP).

Teguh menambahkan, tim juri telah melakukan audiensi dengan setiap kepala daerah. Serta meninjau lapangan untuk menilai langsung upaya yang telah di lakukan.

“Beberapa indikator penilaiannya mencakup kelembagaan pangan, pembangunan sistem ketahanan pangan (termasuk penyediaan data, program, dan anggaran). Dan prestasi serta penghargaan yang telah di raih. Dan juga dokumentasi terkait ketahanan pangan,” tandasnya.

Tujuan Award Peduli Ketahanan Pangan

Pujiati Ningsih, S.P., M.M.A., Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Provinsi Jawa Timur, menjelaskan tiga tujuan utama pemberian Award Peduli Ketahanan Pangan 2024.

Pertama, penghargaan ini di berikan untuk mengapresiasi kepala daerah yang berhasil menjaga. Dan meningkatkan ketersediaan pangan melalui peningkatan produksi, pemanfaatan lahan marjinal, peningkatan kualitas hasil produksi. Serta pengelolaan cadangan pangan.

“Kedua, penghargaan di berikan kepada kepala daerah yang sukses mengatur dan mengawasi kelancaran distribusi pangan. Sehingga akses masyarakat terhadap pangan menjadi lebih mudah,” jelas Pujiati.

Ketiga, penghargaan di berikan kepada kepala daerah yang berhasil meningkatkan pemanfaatan pangan. Seperti melalui penganekaragaman dan di versifikasi pangan lokal serta peningkatan keamanan pangan. Ini bertujuan agar masyarakat memiliki lebih banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Pujiati menambahkan. Proses penjaringan peserta dan seleksi calon penerima Award Peduli Ketahanan Pangan 2024 berdasarkan penilaian proposal yang di ajukan. Penilaian administrasi berlangsung pada 1–5 September 2024 lalu.

Penghargaan ini di harapkan dapat memotivasi lebih banyak daerah untuk terus berinovasi dalam menjaga ketahanan pangan di wilayahnya.

Loading...