D-ONENEWS.COM

Pasien Covid -19 di Jawa Timur Naik Pasca Libur Lebaran

Laksamana dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara

Surabaya,(DOC) – Kenaikan jumlah pasien Covid-19 pasca libur lebaran juga terjadi di wilayah Jawa Timur.

Penanggung Jawab Rumah Sakit Lapangan Jawa Timur di Indrapura Surabaya, Laksamana dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara menduga, kenaikan jumlah pasien ini lebih disebabkan oleh abainya masyarakat terhadap protokol kesehatan sekaligus melanggar aturan larangan mudik.

Banyak warga yang nekat mudik jarak dekat maupun jarak jauh kemudian balik ke Jawa Timur, termasuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Ia menjelaskan, pasca lebaran setiap hari jumlah pasien di Jawa Timur yang terpapar Covid-19 dan dirawat di ZRS Lapangan Indrapura, terus mengalami kenaikan signifikan, yaitu sekitar 250 persen. Bahkan yang banyak terpapar Covid adalah masyarakat lokal Jawa Timur dibanding para PMI yang balik.

“Kalau kemarin 110 Sekarang 108 pasien. Yang datang banyak lokalnya dibanding PMI nya. Kayak kemarin lokalnya ada 5 dan PMI nya 4,” kata I Dewa, Rabu(2/6/2021).

Meski demikian, dirinya masih bersyukur, karena kenaikan pasien Covid-19 di Jawa Timur tidak separah di daerah-daerah lain, khususnya di Kudus Jawa Tengah.

“Terutama Kudus ya. Mas-mas tahukan kondisinya seperti apa, mereka sudah tidak mampu menangani di kirim ke Semarang. Kita masih mampu menangani dan RS-RS rujukan masih longgar sekali,” katanya.

“Seperti kita mengalami desatruliasi, pasien membutuhkan oksigen, kebutuhan oksigennya di bawah 90, kita masih bisa enak mengirimnya,” pungkasnya.(hadi/r7)

Loading...

baca juga