D-ONENEWS.COM

Peringati Sumpah Pemuda, Pemkab Gelar Upacara dan Serahkan Penghargaan ke Pemuda

Lumajang,(DOC) – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke-90, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar upacara bendera yang dipimpin Wakil Bupati, Indah Amperawati.

Peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke – 90 tahun 2018 yang bertemakan ‘Bangun pemuda satukan Indonesia’ dilaksankan di lapangan Stadion Semeru, Minggu(28/10/2018) pagi

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Indah Amperawati menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi soal kiprah hebat para pemuda Indonesia telah mampu berkompetisi di kancah Asian Games 2018 lalu.

Para atlet muda Indonesia telah memperlihatkan kehebatannya saat bersaing dengan para atlet international se Asia. Bahkan perjuangannya cukup diapresiasi, karena telah membawa Indonesia diperingkat ke-4 di Asian Game 2018 dan peringkat ke-5 di Asian Para Games 2018.

“Ini adalah sejarah baru kebangkitan olaharaga Indonesia. Serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di berbagai bidang,” papar Indah, saat membacakan pidato Menpora RI.

Pada tahun 2019 nanti, Indonesia akan memiliki hajatan besar berupa pesta demokrasi untuk memilih pemimpin di tingkat nasional hingga daerah melalui Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif, yakni para anggota DPR RI, DPRD Provinisi, DPRD kabupaten/kota dan calon anggota perwakilan daerah atau DPD.

“Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas,” tandas Wabup yang akrab disapa Bunda Indah.

Bunda Indah juga menceritakan sejarah para pemuda dulu yang tertuang dalam sambutan Menpora RI.

Menurut dia, zaman dulu para pemuda mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Sekarang ini, lanjut bunda Indah, para generasi penerus ini, diharapkan sanggup membuka wawasan diluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Berjuangnya sekarang melalui sektor enonomi digital,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda Indah memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba, diantaranya Lomba Paduan suara, Lomba Pemuda Pelopor, Lomba Bhineka Tunggal Ika, Inovator terbaik tingkat Prov. Jatim serta menyerahkan Inovasi teknologi Kopi (Kotak pemanas instan) untuk mempercepat pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dengan meraih hasil yang maksimal.

Penghargaan itu diserahkan kepada Muhammad Dimas Hanavi dan Inas Tasya.  Bunda indah menyerahkan penghargaan kepada peserta upacara tebaik. Sebagai peserta terbaik satu adalah Kecamatan Padang, terbaik dua Kecamatan Sumbersuko, dan terbaik tiga Kecamatan Pasirian.

 

Usai mengikuti upacara, Bunda Indah beserta undangan meninjau stand pameran festival Pemuda Lumajang yang digelar di halaman Stadion Semeru Lumajang.(imam/r7)

Loading...

baca juga