D-ONENEWS.COM

Presiden Prabowo Resmi Umumkan Kabinet Merah Putih

Presiden Prabowo Resmi Umumkan Kabinet Merah PutihJakarta,(DOC) – Presiden Prabowo Subianto di damping Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka secara resmi mengumumkan jajaran Menteri dan Wakil Menteri (Wamen) yang akan bekerja di kabinet pemerintahannya.

Pengumuman berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10/2024) malam, dengan total Menteri sebanyak 53 orang dan Wamen 56 orang.

“Saya akan mengumumkan kabinet pemerintah Indonesia periode 2024-2029. Hasil diskusi dengan koalisi kami, maka kami bernama Kabinet Merah Putih,” ucap Presiden Prabowo.

Sebelum di resmikan, para Menteri kabinet Merah Putih sudah di undang untuk datang ke Istana sejak pukul 19.30 WIB.

Hadir dan masuk dalam susunan Kabinet Merah Putih, di antaranya Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, politikus PAN Yandri Susanto, Sjafrie Sjamsoeddin.

Di katakana Sjafrie, ia bersama para Menteri dan Wamen lainnya yang hadir di minta mengenakan pakaian batik coklat.

Terlihat juga beberapa tokoh partai politik yang merapat ke Istana. Antara lain Ketum PAN Zulkifli Hasan, Airlangga Hartarto, Yusril Ihza Mahendra. Hadir juga Tito Karnavian yang di lantik kembali menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Kemudian ST Burhanuddin, Immanuel Ebenezer, Rahmat Pambudi, Viva Yoga Mauladi, dan Yuliot Tanjung.

Ada pula Widiyanti Putri Wardhana, Otto Hasibuan, Ribka Haluk dan Stella Christie. Nampak pula Yandri Susanto, Roro Dyah Estu, Budi Arie Setiadi, Taufik Hidayat, dan Natalius Pigai. Hadir juga Amran Sulaiman, Giring Ganesha, dan Nasaruddin Umar.

Para Menteri dan Wamen Kabinet Merah Putih itu sudah di panggil terlebih dahulu ke kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta pada pada 14-15 Oktober. Mereka kemudian mengikuti pembekalan di Hambalang pada 16-17 Oktober lalu.

Prabowo Sudah Gelar Pertemuan dengan Sejumlah Kalangan Mengisi Kabinetnya

Menteri dan Wamen Presiden Prabowo berasal dari berbagai kalangan. Ada yang merupakan kader partai politik, profesional, relawan, aktivis hingga pengurus organisasi kemasyarakatan Islam.

Seperti di ketahui, bahwa prosesi penyusunan Menteri dan Wamen di kebut sehari usai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di lantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah janji Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang di hadiri oleh para pimpinan negara-negara di laksanakan di Sidang Umum Paripurna MPR RI, Jakarta Minggu(20/10/2024) pagi.

Dengan pelantikan ini, maka Prabowo Subianto resmi menjadi Presiden RI ke-8 dan Gibran Rakabuming menjadi Wakil Presiden RI ke-14. Keduanya menggantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin yang telah berakhir masa jabatannya per- 20 Oktober 2024.(cn/r7)

Loading...

baca juga