D-ONENEWS.COM

Pertandingan Tinju Amatir dan Profesional Meriahkan Alun-Alun Surabaya

Surabaya, (DOC) – Disbudporapar Surabaya bersama Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) dan Promotor Tinju Internasional akan menggelar Pertandingan Tinju Amatir dan Profesional.

Ajang ini akan memperebutkan Piala Wali Kota Tahun 2024. Berlokasi di Alun-Alun Surabaya, acara tersebut akan di laksanakan pada Minggu, (14/7/2024) pukul 15.00 WIB.

Sebelum pertandingan, para peserta mengikuti technical meeting, cek kesehatan, dan pengukuran berat badan. Kegiatan ini di laksanakan di Gedung Eks Humas-Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Surabaya pada Sabtu, (13/7/2024).

Ketua Pertina Kota Surabaya, Mikdon Henki Tanaem, berharap pertandingan tinju ini bisa membangkitkan kembali semangat olahraga tinju di Jawa Timur, khususnya di Kota Pahlawan.

“Prestasi tinju amatir di Surabaya terus meningkat. Petinju amatir dan profesional kita sudah mulai bangkit kualitas dan mentalnya. Mereka harus merasakan ganasnya ring pertandingan,” ujarnya.

Pertandingan ini akan menampilkan 15 partai tinju amatir dengan melibatkan 30 petinju, termasuk petinju amatir termuda yang berusia 13 tahun. Enam Sasana Tinju di Surabaya turut berpartisipasi untuk memperebutkan Piala Wali Kota, yang juga menjadi persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2025.

“Kami menargetkan meraih dua medali emas di Porprov tahun depan,” tambah Mikdon.

Bangkitkan Olahraga Tinju di Kota Pahlawan

Promotor Tinju Internasional, John Bajawa, menyatakan bahwa tujuan di adakannya pertandingan ini adalah untuk membangkitkan kembali olahraga tinju profesional yang sempat tertidur akibat pandemi COVID-19.

“Dengan ajang ini, di harapkan tinju profesional bisa kembali berjaya di tanah air,” kata John.

Untuk kategori tinju profesional, pertandingan akan berlangsung dalam empat partai, dengan enam hingga delapan ronde untuk partai utama. Pertandingan utama akan mencakup kelas dari 55,5kg hingga 76kg, termasuk partai utama Kelas Bulu Jr. 55,5kg dengan delapan ronde antara Flasidus Nuno dan Samy Hagler, serta Kelas Bantam 53,4kg dengan enam ronde antara Frans Damur dan Hizkia Manasye.

Salah satu peserta, Flasidus Nuno dari Sasana Voctory, menyatakan kesiapannya untuk bertanding memperebutkan Piala Wali Kota.

“Saya rutin berlatih, ada atau tidak ada pertandingan. Saya siap 100 persen untuk pertandingan ini,” ujarnya. (r6)

Loading...

baca juga