D-ONENEWS.COM

Ponpes di Gresik Roboh, Santri Diungsikan

Gresik, (DOC) – Sebuah bangunan milik Pondok Pesantren Al Azhar yang diasuh KH. Iman Bukhori di Desa Suci Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Selasa (27/11) malam ambruk. Sejumlah santri penghuni ponpes terpaksa diungsikan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan, sebelum robohnya bangunan, pihak pengurus ponpes sudah menyadari adanya kondisi bangunan yang miring. Pengurus pun memutuskan memindahkan para santriwati untuk alasan keamanan.

Pada sekira jam 16.00 WIB, Selasa (27/11), pengasuh menyaksikan bangunan ponpes Al Azhar sudah miring dari semula. “Melihat kondisi itu pengasuh ponpes al azhar berinisiatif segera mengevakuasi seluruh santriwati ke ponpes Boteng Menganti,” ujar Frans Barung.

Tak lama setelah bangunan miring, yakni pada hari Selasa (27/11) sekira pukul 20.00 wib, bangunan Ponpes Putri ini mengalami ambruk roboh. Namun, atas musibah itu tidak ada korban jiwa maupun luka.

Adapun jumlah santriwati sekira 100 orang yang menghuni bangunan yang berdiri sekira tiga tahun sudah diungsikan. Pada saat bangunan ponpes roboh juga sudah dalam kondisi kosong.

Bangunan lima lantai ini kemudian jatuh ke tanah. Namun demikian belum diketahui pasti penyebab runtuhnya bangunan pesantren putri ini. Polisi juga belum menaksir jumlah kerugian materiil.

Namun, lokasi kejadian sudah dipasangi garis polisi. “Hingga kini polisi masih memeriksa penyebab bangunan ini bergeser dan ambruk,” imbuh Frans. (Pbr)

Loading...

baca juga