D-ONENEWS.COM

Gubernur Khofifah Disambut dengan Pawai Keliling Surabaya

Surabaya, (DOC) – Kembali dari ibukota Jakarta setelah pelantikan, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak disambut meriah oleh warga Jawa Timur, Kamis (14/2) siang.

Turun dari Bandara Juanda, rombongan mereka kemudian menuju Masjid Al-Akbar untuk ibadah Salat Dhuhur dan sujud syukur. Gubernur dan Wagub Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak melanjutkan serangkaian acara penyambutannya dengan arak-arakan melewati jalan protokol dari Masjid Al Akbar menuju Tugu Pahlawan.

Menaiki jeep, Khofifah dan Emil diarak menuju Tugu Pahlawan Surabaya. Rute arak-arakan yang dilewati mulai dari Jalan Gayungsari Barat-Jalan Ahmad Yani-Jalan Raya Darmo-Jalan Basuki Rahmat-Jalan Embong Malang-Jalan Bubutan hingga Jalan Pahlawan.

Arak-arakan ini diikuti 99 mobil jeep. Khofifah diarak menggunakan jeep 01. Khofifah yang berada satu jeep dengan Emil nampak tersenyum semringah menyapa masyarakat sembari melambaikan tangan di sepanjang perjalanan.

Sementara di sisi kiri dan kanan jalan, nampak pelajar hingga masyarakat menyambut Gubernur perempuan pertama di Jatim ini. Beberapa ada yang membawa bendera merah putih hingga membawa spanduk berisikan ucapan selamat.

Ada pula beberapa pelajar yang kompak menyanyikan selawat hingga lagu kebangsaan untuk mengiringi kedatangan Khofifah-Emil.

Sesampainya di Tugu Pahlawan, Khofifah-Emil membacakan Pidato Pertamanya di Tugu Pahlawan. Di sana, rombongan juga disambut 199 penari remo.

Dalam pidatonya, Khofifah mengajak seluruh pihak untuk bergandengan bersama dalam membangun Jatim. Dirinya menyadari dalam membangun Jatim, tak bisa jika dilakukan sendirian. Khofifah juga mengharap peran serta ASN hingga seluruh dinas di Jatim bisa dioptimalkan.

“Seluruh aparatur sipil negara, dinas-dinas yang ada di Pemprov Jawa Timur harus cepat memberikan layanan adalah efektif dari penyelenggaraan pemerintahan di Jawa Timur berjalan efektif, efisien tidak ada pembalasan, tidak ada penyalahgunaan uang negara,” kata Khofifah dalam pidato perdananya di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (14/2/2019).

Dia juga meminta ASN di jajarannya bisa lebih tanggap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, Khofifah ingin pelayanan yang ada lebih transparan dan berpihak pada masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak juga menyampaikan rasa hormatnya pada Khofifah. Mewakili generasi milenial, Emil mengatakan siap mengakomodir aspirasi masyarakat untuk pembangunan Jatim yang lebih baik.

Usai memaparkan pidatonya, Emil juga menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Lantunan tembang Emil ini juga diikuti oleh seluruh relawan dan masyarakat yang hadir. Tak hanya itu, ada pula Kotak Band yang turut menyanyikan lagu Kebyar-kebyar.

Selesai rangkaian di Tugu Pahlawan, rombongan pun bergeser ke Hotel Majapahit. Di hotel yang menyimpan banyak perjuangan merebut kemerdekaan ini, rombongan Khofifah-Emil kembali diarak menggunakan 9 jeep dan 99 sepeda kuno.

Tak hanya itu, arak-arakan ini juga diramaikan dengan berbagai atraksi kebudayaan. Seperti musik patrol, barongsai, reog Ponorogo hingga drum band.

Dari Hotel Majapahit, rombongan akan menuju ke Gedung Negara Grahadi. Di sana, akan digelar acara buka puasa bersama, khotmil Quran oleh 99 hafiz dan hafizah hingga santunan kepada anak yatim. (Pbr)

baca juga