D-ONENEWS.COM

Pemkab Lumajang Perkuat Pembinaan Atlet Pencak Silat

Atlet Pencak SIlatLumajang,(DOC) – Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) meminta agar event pembinaan kepada pesilat atau atlet pencak silat dapat terus di laksanakan oleh perguruan pencak silat masing-masing yang di akomodasi oleh IPSI dan di support oleh KONI dan Dispora Lumajang.

“Mudah-mudahan event menjadi pendorong atlet Kabupaten Lumajang untuk berprestasi di tingkat yang lebih tinggi,” ujarnya saat membuka Kejurkab Pencak Silat di GOR Wirabhakti Lumajang, Jum’at (26/07/2024).

Pj. Bupati mengungkapkan bahwa pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga andalan Lumajang. Pada Porprov tahun 2023 yang lalu pencak silat menyumbangkan 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

“Saya menyambut baik kegiatan pagi hari ini, saya minta kadispora terus berkolaborasi dengan KONI maupun IPSI, mendorong pembinaan prestasi andalan, sehingga membawa nama baik dari Kabupaten Lumajang,” pesannya.

Sementara itu, Eka Tri Oktavia, Ketua IPSI Lumajang menjelaskan bahwa Kejurkab Pencak Silat Piala Pj. Bupati ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atlet, dari segi teknik dan mental, bukan sekedar tentang perebutan piala atau thropy semata namun pembelajaran semangat kebersamaan dan sportivitas, menjunjung fairplay, tidak hanya di atas gelanggang tapi di tengah masyarakat.

“Saya berpesan kepada atlet, bertandinglah sebaik-baiknya, junjung sportivitas, ciptakan kekeluargaan, tidak provokasi dan ujaran kebencian dan bertindak kriminal,” tuturnya.

Kejurkab Pencak Silat 2024 diikuti oleh 412 atlet dari 21 kontingen kecamatan se-Kabupaten Lumajang. Kejurkab diselenggarakan selama tiga hari mulai 26 hingga 28 Juli 2024.

Adapun kategori yang dipertandingkan yaitu 362 atlet Kategori Tanding dan Kategori Seni 50 atlet. Pertandingan dibagi menjadi tiga kelas yakni Kelas Remaja umur 14 tahun -15 tahun, Dewasa A usia 17-21 tahun dan Dewasa B usia 22 – 25 tahun.(imam)

Loading...