D-ONENEWS.COM

Pemkab Lumajang dan Gramedia Gelar Pameran Buku Murah 

Pemkab Lumajang dan Gramedia Gelar Pameran Buku Murah Lumajang,(DOC) – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hadiknas) 2 Mei 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang dan Gramedia terus berupaya meningkatkan minat baca bagi masyarakat.

Upaya kali ini, di laksanakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Lumajang bekerjasama dengan Toko Buku Gramedia Jember. Kedua instansi tersebut menggelar Pameran Buku Murah di Galeri Perpustakaan Mula Malurung, Kamis(2/5/2024).

Rencananya acara akan berlangsung selama 18 hari, terhitung mulai tanggal 2-19 Mei 2024 mendatang. Berbagai kegiatan menarik di tampilkan agar masyarakat bersedia mampir ke Pameran Buku Murah tersebut. Cara atau trik ini, sekaligus bertujuan menarik minat masyarakat agar gemar membaca.

Pameran Buku Murah mengambil tema “Pekan Literansi Lumajang 2024: Literasi dan Ekonomi Kreatif Bersama Gramedia”. Gramedia Sale menyediakan beragam bacaan mulai dari buku ceria untuk anak, novel, komik hingga kamus dan buku-buku lainnya. Harganya pun di bandrol murah, mulai dari Rp 10 ribu. Di tambah lagi “angkut diskon” potongan harganya sampai 90 persen.

“Buku ini memberi manfaat besar bagi pembacanya. Harapan kami, masyarakat tertarik membaca buku dengan mendapatkan buku murah,” ujarnya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang Pamimin AP.

Paimin menambahkan, acara Pameran Buku Murah adalah cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Menurutnya, jika minat baca masyarakat naik, maka indeks pembangunan literasi masyarakat(IPLM) otomatis meningkat.

“TGM atau tingkat kegemaran membaca yang di capai Pemkab Lumajang sebesar 53,08 persen dan IPLM sebesar 26,7 persen. Untuk itu kami berusaha menaikkan TGM dan IPLM melalui kerjasama dengan berbagai pihak. Seperti dengan Perpustakaan Nasional RI,” terangnya.

Akrabkan Masyarakat Lumajang dengan Buku

Tujuan kegiatan Pameran Buku Murah ini, lanjut Paimin, juga untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan bacaan bermutu. Selain itu, untuk meningkatkan minat baca masyarakat sejak usia dini dan sebagai sarana mendekatkan buku ke masyarakat. Dengan begitu masyarakat menjadi akrab dengan berbagai jenis buku.

“Bisa sebagai sarana wisata edukasi untuk menumbuhkan kecintaan anak pada buku. Di sini masyarakat dapat memperoleh bahan bacaan bermutu dengan harga terjangkau,” jelasnya.

Paiman yang juga menjabat sebagai Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Pemkab Lumajang berharap, minat masyarakat untuk gemar membaca bertambah. Usai pameran buku murah dengan tema “Pekan Literasi Lumajang 2024. Literasi dan Ekonomi Kreatif Bersama Gramedia” berakhir.

“Jadi Pekan Literasi Lumajang 2024 dengan mengangkat tema dengan ekonomi kreatif ini menjadi sangat penting bagi Lumajang,” tandasnya.

Sementara itu, Supervisor Gramedia Jember Farid Maghfur mengatakan, buku-buku bacaan yang di pamerkan dalam acara ini, di antaranya buku motivasi, religi, parenting, anak-anak dan novel.

“Harga buku bervariasi, mulai Rp 5ribu sampai Rp200 ribu. Untuk harga buku obral di jual tertinggi Rp50 ribu,” katanya.

Pameran Buku Murah sengaja di selenggarakan selama sepekan di Lumajang. Supaya pelanggan dan masyarakat tidak jauh-jauh pergi ke Jember untuk mendapatkan buku bacaan.

“Kami dari pihak Gramedia ingin meningkatkan gairah membaca warga Lumajang dan sekitarnya,” pungkasnya.(mam/r7)

 

Loading...

baca juga