D-ONENEWS.COM

SOTH Angkatan ke-2, 12.000 Warga Surabaya Tingkatkan Keterampilan Pengasuhan

Surabaya, (DOC) – Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) angkatan ke-2 sukses mendapatkan perhatian besar dari masyarakat di Kota Surabaya. Pada angkatan ini, sebanyak 12.000 warga Kota Pahlawan turut berpartisipasi dalam program tersebut.

Program SOTH yang di gagas oleh Pemkot Surabaya bersama BKKBN Jawa Timur, merupakan sekolah pengasuhan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam merawat balita. Program ini juga menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas hubungan keluarga, dengan harapan dapat mengurangi angka stunting di Kota Pahlawan.

Untuk itu, Pemkot Surabaya memberikan pembekalan kepada para pengelola SOTH angkatan ke-2 ini di tingkat RW, yang kini di kenal sebagai Balai Orang Tua Hebat, di Graha YKP Surabaya pada Selasa (11/6/2024). Pembekalan ini di tujukan kepada pengelola SOTH dan para penyuluh KB (Keluarga Berencana).

Shinta Setia, Ketua Bidang Pokja 1 TP PKK Kota Surabaya, yang mewakili Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani, menyatakan bahwa kehadiran SOTH di harapkan dapat membantu para orang tua mencetak generasi yang cerdas secara intelektual, spiritual dan sosial, serta kuat secara emosional.

“Kami berharap pembekalan ini tidak hanya menjadi tempat untuk menimba ilmu. Tetapi juga menjadi ruang berbagi pengalaman dan inspirasi,” kata Shinta.

Ia menambahkan bahwa pembekalan kali ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan. Sehingga, para pengelola SOTH dapat mendampingi orang tua di lingkungan RW masing-masing dengan lebih baik.

“Setelah acara ini, para pengelola juga harus terus meng-upgrade pengetahuan tentang parenting karena teknologi terus berkembang,” tambahnya.

Shinta menjelaskan bahwa beberapa materi yang diberikan kepada pengelola SOTH meliputi Perlindungan Anak, serta Memahami Konsep Diri yang Positif dan Konsep Pengasuhan.

Pelaksanaan SOTH di Kota Surabaya telah di lengkapi dengan kurikulum pendidikan, silabus, pemetaan instruktur, rencana kegiatan pembelajaran, perangkat monitoring, jurnal, absensi peserta, hingga absensi pengelola.

“Orang tua dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anaknya untuk berkembang, karena kita ingin menghasilkan generasi yang tangguh,” ujarnya.

Peserta 12.000 Orang Tahun Ini

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk (DP3A-PPKB) Kota Surabaya, Ida Widyawati, menyatakan bahwa pembekalan ini adalah gelombang kedua. Pada gelombang pertama, pembekalan telah di berikan kepada pengelola SOTH di 500 titik Balai Orang Tua Hebat, dan saat ini menyasar pengelola SOTH di 500 titik berikutnya.

“Peserta pada pembekalan gelombang pertama dan kedua berbeda. Kami menyasar 1.000 Balai Orang Tua Hebat. Total orang tua yang mengikuti SOTH pada tahun 2024 ini lebih dari 12.000 orang,” kata Ida.

Ida menjelaskan bahwa setiap kelas SOTH terdiri dari 30 peserta di masing-masing Balai Orang Tua Hebat. Dari pelaksanaan SOTH angkatan pertama, banyak peserta memberikan testimoni positif. Mereka mengaplikasikan materi yang diberikan dengan baik dalam lingkungan keluarga.

“Setelah mengikuti SOTH, peserta mengaku mengalami perubahan dalam pola asuh di keluarga mereka. Tidak hanya dalam mendidik anak, tetapi juga dalam cara berkomunikasi dan bersikap kepada suami,” tutup Ida. (r6)

Loading...

baca juga