D-ONENEWS.COM

Ricuh, Forum Silahturohmi IKA Ansor dan Banser Dibubarkan Paksa

Surabaya,(DOC) – Forum Silaturahim Ikatan Alumni (IKA) Ansor dan Banser Jawa Timur (Jatim) yang di selenggarakan di Halaman Gedung Pergerakan Penganut Khittah Nahdliyyah (PPKN), Surabaya berakhir ricuh. Kericuhan terjadi karena di bubarkan paksa oleh pengurus Ansor Surabaya.

Saat di hubungi, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Surabaya HM Faridz Afif menegaskan, jika IKA Ansor dan Banser Jawa Timur (Jatim) itu ilegal. Ia menyebut tidak terdaftar dalam aturan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD PRT) Ansor.

“Iya Ilegal, karena mengatasnamakan Ikatan Alumni GP Ansor dan Banser Jawa Timur, nah yang kita bantah itunya, karena di dalam aturannya tidak pernah itu ada IKA GP Ansor,” ucap Afif, Jumat (17/6/2022).

Afif mengaku, sebenarnya pengurus Ansor Surabaya tak memiliki rencana untuk membubarkan forum tersebut. Mereka datang, untuk melucuti atribut dan seragam yang mereka kenakan saat menggelar deklarasi.

“Sebenarnya kita itu bukan membubarkan acaranya itu tapi kita mau melepas banner yang atas nama Ansor dan Banser dan melepas atribut yang di lepas oleh mereka di acara tersebut, yakni doreng banser nah itu fokus di situ,” jelasnya.

Dia juga menekankan, dalam PD PRT Ansor istilah IKA dalam kepengurusan tidak pernah ada. Bagi pengurus Ansor yang telah purna tugas di atas usia 40 tahun, maka mereka akan berkhidmat langsung pada NU.

Ia juga mengatakan, pihaknya memang sudah mengetahui rencana deklarasi tersebut. Pihaknya pun telah melakukan komunikasi agar deklarasi itu batal digelar.

“Nggak ada, kita murni, kita taat dan patuh terhadap peraturan organisasi, jika itu tidak ada aturan organisasi ya kita lawan. Kita sudah Tabayyun sebelumnya, tapi mereka tetap melakukan itu ya kita tindak akhirnya,” imbuhnya.

Pihaknya pun telah mengetahui dalang dari deklarasi IKA Ansor dan Banser Jatim itu. “Sudah,” ucapnya.

Kedepannya, jika deklarasi itu kembali terjadi di Surabaya pihaknya berniat untuk melakukan tindakan tegas demi menegakkan aturan di Ansor.

“Sama pokoknya jika ada deklarasi yang mengatasnamakan IKA GP Ansor kalau di Surabaya akan kami sikapi. Karena wilayah saya Surabaya,” tandasnya.(ang/r7)

Loading...

baca juga