D-ONENEWS.COM

Bongkar Penyelewengan Dana Bansos, Kemensos Beri Penghargaan APH Kejagung dan Polri

Kemensos Beri Penghargaan ke Kapolri dan Kejagung
Foto: dok Humas Kemensos RI

Jakarta,(DOC) – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta sejumlah jajaran kepolisian dan Jaksa Agung ST Burhanuddin bersama sejumlah jajarannya mendapat penghargaan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Selasa(24/08/2021) sore.

Penghargaan tersebut, sebagai bentuk apresiasi Kemensos RI kepada aparat penegak hukum yang telah mengawal program bantuan sosial (Bansos) dan penyelamatan keuangan negara. 

Dalam keterangan pers, usai acara penyerahan penghargaan di Gadung Aneka Bhakti kantor Kemensos RI, Jalan Salemba Jakarta Pusat, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini membeberkan kendala pada program-program Bansos di Kemensos RI.  Mensos mengaku, program Bansos pernah terjadi kendala akibet terdapat oknum yang memotong dana bantuan.

“Program-program ini ditujukan bagaimana masyarakat dalam kondisi pandemi ini bisa lebih mudah. Namun memang sekali lagi saya mau menyampaikan ternyata beragam sekali yang mendapat permasalahan ini. Saya pernah didemo di sini ada 20 orang. Ada seseorang yang memotong itu bantuan,” ungkap Mensos Risma.

Persoalan itu, lanjut Mensos Risma, akhirnya selesai, karena dibantu oleh aparat penegak hukum. Untuk itu, dirinya berharap kerja sama antara Kemensos RI dengan Kejaksaan dan Polri terus berjalan.

“Jadi kami bekerja sama dengan Kepolisian maupun Kejagung (Kejaksaan Agung) untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan Bansos. Sebetulnya itu sejak diawal saya melibatkan, baik dari Kejaksaan Agung maupun dari kepolisian maupun BPKP dan KPK. Rutin kita lakukan itu, kemudian banyak sekali pengaduan-pengaduan yang tidak mungkin kami tangani sendiri, karena jumlah banyak sekali,” jelas Mensos.

Sementara itu, dalam kegiatan ini, Mensos Risma memberikan penghargaan kepada aparat Kejaksaan Agung (Kejagung) dan jajaran Kepolisian. Penghargaan diberikan kepada 142 aparat penegak hukum (APH) dengan rincian; Kejaksaan Agung RI sebanyak 33 orang dan Kepolisian RI sebanyak 109 orang.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerja-samanya. Perlu diingat pula penindakan dan pencegahan permainan Bansos dilakukan oleh APH di DKI Jakarta, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, dan Kabupaten Cianjur,” ucap Mensos Risma.(r7/dc)

Berikut penerima penghargaan Kemensos RI secara símbolis : 

  1. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
  2. Jaksa Agung Indonesia, Dr Sanitiar Burhanuddin
  3. Wakapolri, Komjen Gatot Eddy Pramono
  4. Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi
  5. Kabareskrim, Komjen Agus Andrianto
  6. Jamintel Kejagung, Sunarta
  7. Jampidsus Kejagung, Ali Mukartono
  8. Wakabareskrim, Irjen Syahardiantono
  9. Kapolda Metro Jakarta Raya, Irjen M Fafdil Imran
  10. Kapolda Jabar, Irjen Ahmad Dofiri
  11. Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta
  12. Kajati Banten, Reda Manthovani
  13. Kajati Kalimantan Barat, Masyhudi
  14. Dirtipid Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Helmy Santika
  15. Dirtipid Korupsi Bareskrim, Brigjen Djoko Poerwanto
  16. Asisten Intelijen Kejati DKI, Bahrudin
Loading...

baca juga