D-ONENEWS.COM

Dewan Bangga, Surabaya Setara Kota Dunia

Surabaya,(DOC) – Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya, Riswanto mengaku bangga Kota Surabaya ditunjuk PBB sebagai Tuan rumah Prepcom 3 UN Habitat III. Menurutnya, dengan penunjukkan itu berarti Surabaya  telah disejajarkan dengan kota-kota besar lain di dunia. Ia mengakui, dibanding kota lain di Indonesia, Kota Pahlawan ini adalah yang terbaik.
“Di bidang penataan, wajah kota, penghijauan dan kebersihannya Surabaya unggul,” ujarnya, Selasa(26/7/2016).
Politisi PDIP menyebut, kota Surabaya, termasuk kota yang layak hidup. Artinya, kawasan ini layak dihuni dengan nyaman. Meski, tiap tahun gelombang urbanisasi terus terjadi, namun  pemerintah kota berhasil mengatasinya, dengan melakukan operasi yustisi maupun kegiatan lain sehingga administrasi kependudukan lebih tertib. Di sisi lain, kaum marjinal juga mendapatkan perhatian dan pembenahan.
“Memang penataannya butuh waktu, tapi disparitas kaum urban dan marjinal sudah tak ada,” tegasnya
Riswanto mengaku, persoalan klasik yang hampir terjadi di setiap daerah adalah masalah pemukiman kumuh. Namun, kondisi pemukiman kumuh yang sering kali terlihat di kawasan pesisir kota, juga lambat laun berubah. Dengan program Green and clean dan bedah rumah yang dijalankan pemerintah kota, kawasan yang sebelumnya kurang layak menjadi lebih baik.
“Sekarang sudah banyak yang representative, rumah yang tak layak menjadi layak huni,” katanya
Ia mencontohkan, di kawasan Bulak yang terletak di pesisir yang dulunya terlihat kumuh, kini berubah menjadi bersih. Bahkan, pemerintah kota juga mengubah wajah tempat tinggal para nelayan dengan cat warna-warni.
“memang itu masih kulitnya saja, tapi perbaikan akan terus dilakukan,” paparnya
Riswanto optimis, kawasan Bulak yang saat ini sudah memiliki jembatan “Suroboyo” kenjeran dengan air menarinya, Sentra Ikan dan beberapa fasilitas lainnya yang menarik kunjuungan wisatawan akan menjadi ikon wisata bahari yang semakin dikenal di Surabaya, bahkan Jawa Timur.
“Tapi harus diakui, perbaikan harus terus dilakuakn infrastrukturnya, sarana dan terlebih mindset masyarakatnya,” paparnya
Anggota komisi C DPRD Surabaya ini berharap, meski perkembangan kota Surabaya bisa disejajarkan dengan kota maju lainnya di tingkat internasional. Namun, proses pembangunan kea rah yang lebih baik harus terus dilakukan.
“Hasil konferensi UN Habitat nanti, rekomendasinya seperti apa, itu yang harus diterapkan di Surabaya agar lebih baik lagi,” pungkasnya.(k4/r7)
 

Loading...