Disabel Kediri Harap NasDem Perjuangkan Nasibnya

Tidak ada komentar 114 views

Kediri, (DOC) – Sebagai partai baru, NasDem tidak ingin tutup mata dengan apa yang dikeluhkan warga penderita disabilitas (disabel) dan anak berkebutuhan khusus (ABK). Selama ini perhatian pemerintah kepada kelompok disabilitas dipandang cukup rendah.
Hasil Sensus Penduduk 2010 dari 235 juta penduduk Indonesia, anak berkebutuhan khusus usia sekolah (5-18 tahun) ada 355.859 anak. Dari jumlah itu, 74,6 persen belum terlayani pendidikan. Sekolah khusus yang disediakan pemerintah (SLB) negeri SD dan SMP sebanyak 516 sekolah. Yang dibangun swasta sebanyak 2.113 sekolah.
“Inilah potret Indonesia, ironis. Negara memiliki kewajiban untuk memberikan perhatian kepada warganya tanpa membeda-bedakan. NasDem akan perjuangkan warga disabilitas mendapatkan hak, termasuk hak pendidikan,” kata Koordinator Pemenangan Partai NasDem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi atau Jeannette.
Partai NasDem di Kediri juga memberikan pendampingan dan dukungan peresmian Himpunan Disabilitas Kabupaten Kediri (HDKK) yang digelar di Pondok Urwatul Wustqo, Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih, Minggu (9/3/2014). Partai NasDem juga menyerahkan bantuan 15 unit kursi roda kepada HDKK.
“Bila nanti pada Pemilu 9 April 2014 mendapat kepercayaan publik untuk memimpin bangsa ini, maka NasDem dipastikan akan memberikan hak-hak warga disabilitas yang sekarang mungkin masih terabaikan,” katanya.
Negara dan pemerintah, kata Jeannette, wajib memberikan apa yang menjadi hak-hal kawan-kawan disabel. “Sekali lagi Undang-Undang Dasar 1945 mengayomi kita semua,” tandas Jeannette yang juga Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem didampingi Ketua Partai NasDem Kab Kediri Lutfi Mahmudiono.
Ketua Himpunan Disabilitas Kabupaten Kediri Umi Salamah (35) menilai langkah yang ditempuh Partai NasDem merupakah angin segar bagi warga disabilitas yang selama ini merindukan sentuhan dari pemerintah.
Menurutnya, perhatian khusus mengenai pelatihan ketrampilan hidup dan kelengkapan hidup bagi para disabilitas yang taraf perekonomiannya masih rendah.
“Sangatlah dibutuhkan dan diperlukan bantuan dan perhatian bagi seluruh lapisan masyrakat, oleh karena itulah perhatian NasDem memberikan bantuan dan mendeklarasikan HDKK menjadi motivasi para disabilitas dan kebanggaan kami,” kata Umi Salamah.
Sutrisno, salah seorang ayah dari anak penderita disabilitas, Pendik (20), berharap bantuan dan perhatian ini bisa berkelanjutan dan konkret. “Jangan berhenti di sini mas, para disabilitas seperti anak saya sangat butuh perhatian, terima kasih NasDem” ujar Sutrisno.
Acara deklarasi Himpunan Disabilitas Kab Kediri ini juga dihadiri seluruh calon legislatif NasDem Kab Kediri dan Ketua DPD Partai NasDem Kota Kediri, Syahroni, Ketua DPD Partai NasDem Blitar KH. Syaikhuddin.
Pembentukan Himpunan Disabilitas sebelumnya juga telah digelar di Kabupaten Bojonegoro. Para warga disabel di Kota Minyak tersebut menginginkan agar NasDem kelak memperjuangkan hak-haknya. (r4)