D-ONENEWS.COM

PDAM Perlu Tambahan Modal, Dewan Bentuk Pansus

PDAM SurabayaSurabaya,(DOC) –  DPRD kota Surabaya membentuk Panitia Khusus(Pansus) untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah(Raperda) Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Daerah ke PDAM Surya Sembada.
Pansus tersebut  akan mengevaluasi penggunaan dan pemanfaatan anggaran yang dialokasikan pemerintah kota surabaya guna peningkatan pelayanan PDAM kepada pelanggannya, sebelum menyetujui  adanya penyertaan modal lagi.
Ketua Pansus Raperda Penyertaan Modal PDAM, Budi Leksono mengungkapkan, keberadaan Pansus sebelumnya pernah ditolak. Ia belum mengetahui pasti alasan penolakan itu, namun pihaknya akan mengevaluasi penyebab penolakan itu bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD)
“Untuk sementara  ini kita melakukan hearing dengan SKPD,” tuturnya, Sabtu(12/3/2016)
Ia menambahkan, selain menggelar dengar pendapat dengan eksekutif,  Pansus Raperda Penyertaan Modal PDAM juga akan memanggil jajaran Direksi PDAM Surya Sembada, guna mengetahui kinerjanya sekaligus menginventarisir aset yang dimiliki.
“Pansus akan mengevaluasi penggunaan anggaran serta aset-aset PDAM,” terangnya
Politisi PDIP ini menyatakan, kalangan dewan yang terlibat dalam pansus akan berusaha menyelesaikan masalah administrasi modal PDAM.  Kalangan dewan berharap, pada tahun ini  PDAM bisa melayani  seluruh warga, terutama masyarakat miskin.
“Jika tahun sebelumnya pemasaagan PDAM ditargetkan 67 persen, tahun ini bisa mencapai seluruhnya,” terang anggota Komisi A
Budi mengakui, untuk meningkatkan pelayanannya , PDAM surya Sembada membutuhkan dukungan anggaran dari pemerintah kota berupa penyertaan modal. Pemkot Surabaya, 10 Desember 2015 telah mengajukan permohonan untuk mendapatkan persetujuan atas Raperda tentang Penambahan Penyertaan  Modal Pemerintah daerah kepada PDAM Surya Sembada ke DPRD Surabaya. Dalam usulan tersebut disebutkan besaran penyertaan modal  untuk Jaringan pipa Air Minum mulai 2003 hingga 2014, dengan rincian :  pada tahun 2003 – 2020 Rp. 27.801.320.914, tahun 2011 – 2013, sebesar  Rp. 10.695.085.276, dan tahun 2014 Rp. 2.051.905.409. Total penyertaan modal dari pemerintah kota kepada PDAM Surya Sembada mencapai Rp. 40  548.311.590.(k4/r7)

Loading...