Prabowo Siap Disandingkan dengan Aher atau Ridwan Kamil

Jakarta, (DOC) – Calon Presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku siap maju bersanding dengan tokoh dari Jawa Barat pada Pilpres mendatang, baik itu dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan ataupun Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Tapi ada syaratnya, kata Prabowo, Gerindra harus mendulang 20 persen suara dalam pemilu legislatif April mendatang.
“Kalau tidak, terpaksa kita harus dagang sapi,” ujarnya di depan ribuan kader Partai Gerindra saat pengukuhan pengurus DPD Gerindra Jabar 2014 di Sasana Budaya Ganesha, Jalan Tamansari, Sabtu (15/2/2014).
Karena itu, kata Dewan Pembina Partai Gerindra ini, PR terbesar saat ini adalah bagaimana memenangkan pileg mendatang. “Kurang dari 60 hari lagi kita akan mendengarkan suara masyarakat. Hari itu tidak ada yang namanya profesor, pengusaha, petani, yang ada satu orang satu suara,” tegasnya.
Ia berpesan caleg Partai Gerindra tidak menggunakan cara kotor dengan melakukan money politics. Namun kalau ada caleg parpol lain yang memberikan uang, Prabowo mengatakan ambil saja. “Terima saja uangnya, enggak ada masalah. Karena itu uang rakyat, itu uang hasil korupsi. Jadi tak usah berterimakasih atau merasa utang budi. Tetap coblos sesuai hati,” pintanya.
Sebelumnya DPD Gerindra Jabar mengusulkan agar Prabowo mengusung cawapres dari Jabar. Bahkan permintaan itu kembali dilontarkan oleh Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Ferry Juliantono saat sambutan di acara yang sama. Aher dan Ridwan Kamil juga hadir di acara ini. Ketika nama keduanya disebut, mereka berdua hanya tersenyum.
Partai berlambang kepala burung garuda ini sudah gencar mengusung Prabowo selaku Ketua Dewan Pembina Gerindra sebagai capres pada Pilpres 2014. “Kami menilai Ahmad Heryawan dan Ridwan Kamil layak disandingkan dengan Prabowo,” ucap Ferry sehari sebelum pengukuhan.
Menurut Ferry, pihaknya mempertimbangan aspirasi masyarakat Jabar yang menginginkan agar kiprah tokoh dari tanah Sunda maju sebagai pimpinan nasional. Sebab, sambung dia, selama ini tokoh asal Jabar belum berkesempatan menduduki kursi tertinggi pemerintahan Indonesia.
“Kami berpendapat sekiranya harus memperjuangkan aspirasi tersebut. Ya, kami sudah usulkan kepada Prabowo agar cawapresnya dari tokoh Jabar,” tutur Ferry.
Menurutnya Jabar merupakan provinsi di Indonesia yang terbanyak penduduknya dengan jumlah 47 juta jiwa. Selain itu, Jabar memiliki karakteristik masyarakat heterogen. Jabar juga merupakan lumbung suara Gerindra.
“Ahmad Heryawan bukan lagi milik PKS, tapi milik Jabar. Ridwan Kamil merupakan kader Gerindra yang harus kami usulkan. Meski terbilang baru memimpin Kota Bandung, kami menganggap Ridwan Kamil layak dipertimbangkan. Insya Allah Ridwan Kamil menjadi kebanggaan nasional,” ujarnya.
Selain Ahmad Heryawan dan Ridwan Kamil, Gerindra Jabar mengaku mengantongi sejumlah tokoh Jabar yang dianggap pantas bersanding dengan Prabowo pada Pilpres 2014. Mereka di antaranya Jumhur Hidayat, Said Aqil Siradj, dan Burhanuddin Abdullah. “Nama-nama itu sudah kami usulkan dan sampaikan (kepada Prabowo),” ucap Ferry. (grn/r4)