Juni 2017 Aset Bank Di Jatim Tumbuh 1,49 %

Tidak ada komentar 26 views

Surabaya, (DOC)-Hingga Juni 2017 aset di Jawa Timur alami pertumbuhan 1,49% Year on Year (yoy) dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini berdasarkan data Statistik Lembaga Jasa Keuangan Jawa Timur, pada posisi Juni 2017 aset perbankan di Jawa Timur meningkat sebesar 1,49% (yoy), lebih tinggi dibandingkan peningkatan aset perbankan Nasional yang sebesar 12,55% (yoy).

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 4 Jawa Timur, Heru Cahyono mengatakan, pertumbuhan aset tersebut terutama dipengaruhi oleh peningkatan DPK yang dihimpun oleh perbankan di Jawa Timur yang mencapai sebesar 10,14% (yoy), sedangkan kredit atau pembiayaan yang disalurkan tercatat tumbuh sebesar 5,5% (yoy).

“Sementara itu, peningkatan DPK dan kredit / pembiayaan perbankan nasional pada posisi Juni 2017 masing-masing tercatat sebesar 9,88% dan 7,47% (yoy).”ujarnya kepada wartawan usai serahterima jabatan sebagai Kepala OJK yang baru menggantikan Soekamto, Selasa sore (12/09/2017) di Kantor OJK Surabaya.

Ia menjelaskan, data statistik juga menunjukkan bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR) Bank Umum Konvensional di Jawa Timur sebesar 84,23% masih tercatat lebih rendah dibandingkan LDR Bank Umum Konvensional Perbankan Nasional yang sebesar 89,31%.

Sementara itu, kata Heru, rasio Non Performing Loan (NFL) Bank Umum Konvensional di Jawa Timur yang tercatat sebesar 3,04%, relatif sama dibandingkan rasio NPL Perbankan Nasional yang sebesar 3,03%.

“Kita optimis di sisa kwartal terakhir tahun ini aset dan DPK perbankan di Jatim terus tumbuh, mengingat pergerakan ekonomi Jatim lebih tinggi secara nasional.”ungkapnya.

Seperti diinfokan bahwa dua jabatan Pimpinan OJK di Jawa Timur pada hari Selasa, 12 September 2017, diserahterimakan dari pejabat lama kepada pejabat baru. Jabatan Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur yang sebelumnya dijabat oleh Sukamto diserahterimakan kcpada Heru Cahyono yang sebelumnya menjabat sebagai Advisor Koordinator Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Wilayah Barat.

Dengan demikian, Heru Cahyono secara resmi telah menjabat sebagai kepala OJK Regional 4 Jawa Timur dan Sukamto menjabat sebagai Advisor Koordinator Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Wilayah Barat di Kantor Pusat OJK. (Trish)