D-ONENEWS.COM

Pemkot Akan Pulangkan 6 Warga Surabaya di Turki

Surabaya,(DOC) – Dugaan 6 warga Surabaya yang terpisah dengan rombongan wisata di Turki karena bergabung dengan kelompok Islam Radikal ISIS, nampaknya sudah terjawab oleh kabar yang diperoleh Pemkot Surabaya, bahwa 6 Warga Surabaya itu tertahan di perbatasan Turki – Suriah, ketika mau melewati perbatasan tersebut.
\“Saat ini, Pemkot tengah berupaya untuk memulangkan mereka ke tanah air,” Ujar Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana, di sela penganugerahan Inovasi Manajemen Perkotaan(IMPI) di Balaikota Surabaya, Kamis(12/3/2015).
Berdasarkan catatan Dinas Kependudulan dan Catatan Sipil, 6 warga Surabaya itu, beralamatkan satu rumah di Jl Kedung Sroko, dan masih dalam satu ikatan keluarga yaitu Suami, Istri dan 4 orang anaknya.
Wakil Walikota Surabaya asal PDIP ini menambahkan, info yang berkembang, bahwa 6 Warga Surabaya itu, sengaja memisahkan diri dari rombongan wisata karena diduga bergabung dengan ISIS.
Agar semua jelas, maka Pemkot berusaha membantu kepulangan 6 warga Surabaya tersebut.
“Hingga kini Pemkot masih ragu, jika 6 warga tersebut bergabung dengan kelompok radikal ISIS.
Namun jika info itu benar, maka keterangan dari mereka, akan sangat bermanfaat untuk membongkar jaringan ISIS di Surabaya,” jelasnya.
Wisnu menjelaskan, dalam waktu dekat ini, Pemkot akan segera melakukan koordinasi dengan duta besar Indonesia yang ada disana. Ia juga meyakinkan 6 warga Surabaya yang kini berada di Perbatasan Turki Syuriah akan diperlakukan sama dengan warga Indonesia lainnya. “Proses statusnya pun tak akan dibeda – bedakan,.tapi bila mereka terbukti menjadi bagian dari kelompok ISIS, maka saat mereka pulang nanti, Pemkot akan menyerahkan kepada aparat kepolisian untuk diproses secara hokum,” pungkasnya.(r7)

Loading...