D-ONENEWS.COM

Penderita Diabetes Boleh Makan Pisang Atau Tidak?

diabetes makan pisang
Jakarta, (DOC) – Banyak pantangan makanan bagi penderita diabetes (kencing manis), terutama makanan yang manis-manis. Hal ini memang karena makanan yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Anda mendapatkan gula dari makanan. Kadang, mungkin Anda sebagai penderita diabetes mungkin bingung makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Bagaimana dengan pisang, apakah boleh dikonsumsi?
Pisang merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi sebagai makanan penutup. Selain harganya yang relatif murah, pisang juga mudah untuk ditemui sehingga banyak orang yang mengonsumsinya. Dalam satu buah pisang, terkandung sekitar 30 gram karbohidrat. Jadi, pisang cukup menyumbang gula pada tubuh Anda.
Sebenarnya, konsumsi pisang masih diperbolehkan untuk orang diabetes. Namun dengan catatan, perhatikan juga jumlah pisang yang Anda konsumsi dan porsi karbohidrat yang Anda dapatkan dari makanan lain.
Jadi, jika Anda sudah mengonsumsi satu buah pisang, mungkin Anda harus mengurangi porsi nasi yang Anda makan. Sehingga, karbohidrat yang masuk ke tubuh Anda masih dalam jumlah aman (tidak berlebihan) dan kadar gula darah Anda masih bisa terkontrol.
Makan satu buah pisang ukuran sedang dalam satu hari mungkin sudah cukup untuk Anda. Jika Anda merasa Anda sudah banyak mengonsumsi karbohidrat, misal dari nasi, roti, mie, atau kue, sebaiknya pilih buah lain yang lebih banyak mengandung serat, seperti apel.
Penting bagi penderita diabetes untuk memerhatikan jenis dan jumlah makanan mengandung karbohidrat yang ia makan, tidak hanya pisang. Jadi mulai sekarang, kenali kandungan karbohidrat dari setiap makanan. (and)

Loading...

baca juga