D-ONENEWS.COM

Sejumlah Komunitas Lingkungan Luncurkan Portal Perekat Isu Lingkungan

Jakarta,(DOC) – Sejumlah komunitas peduli lingkungan membentuk dan meluncurkan portal cerita komunitas lautsehat.id, Sabtu(4/2/2017) malam.
Portal cerita ini menampung semua pengalaman para anggota komunitas peduli lingkungan yang selama ini bekerja menjaga lingkungan terutama daerah pesisir dan laut.
Juru kampanye Laut Greenpeace Indonesia yang juga penanggung jawab lautsehat.id, Arifsyah Nasution menyatakan, tujuan portal ini adalah untuk memberikan wadah kreatifitas bagi para komunitas yang selama ini berkecimpung di isu pesisir dan penyelamatan terumbu karang untuk bergerak bersama. Semangat para komunitas ini, menurut Arifsyah, akan disatukan dan direkatkan lagi melalui website ini.
“Untuk menyatukan semangat komunitas yang selama ini sudah bekerja di isu pesisir, penyelamatan terumbu karang untuk tidak bekerja sendiri – sendiri. laut sehat.id adalah ruang bagi para komunitas untuk menulis pengalaman pribadi agar masyarakat turut mengetahuinya,” ungkapnya, Sabtu(4/2/2017) malam.
Dengan portal ini, harapannya memang untuk membuat gerakan perubahan lingkungan yang lebih besar lagi, fokus dan tepat sasaran. Arifsyah menambahkan, motto portal cerita komunitas, adalah berbagi cerita dan bergerak yang mengimplementasikan sebuah gerakan perubahan seluruh komunitas dari ide sebuah cerita, pengalaman hingga program.
“Dengan bersatunya komunitas ini, maka gerakan perubahan bisa cepat tercapai. karena suatu lembaga yang berdiri sendiri tidak akan mudah membuat suatu gerakan perubahan. Idenya bisa berupa cerita, visi-misi, program atau pengalaman,” paparnya.
Ide ini sudah lama dan baru terwujud sekarang. Awalnya dari sebuah festival pesisir di Jakarta pada tahun 2015 dan 2016. Kemudian saat itu para komunitas ini merasa perlu sebuah media bersama untuk menyatukan visi. muncullah sekarang portal berbagi cerita dan bergerak.
“Sehingga kami membuat sebuah portal untuk menampung ide dan kreatifitas mereka. Selain itu, kami akan rutin menggelar pertemuan untuk ajang testimoni,” pungkasnya.
Portal lautsehat.id didukung oleh sejumlah tokoh lingkungan yang hadir sebagai juru kampanye, seperti Ketua Greenpeace Indonesia, leonard simanjuntak, tokoh lingkungan Budi doremi dan Putri Indonesia 2013, Devina, Perwakilan mahasiswa Itali, serta anggota komunitas lingkungan osoji dan yayasan mangrove.(mi/r7)

Loading...