D-ONENEWS.COM

Sulit Berhenti, Hutan Lamongan Lumajang Terbakar

Lumajang,(DOC) – Ratusan hektar lebih lahan hutan lindung di Gunung Lemongan, Kecamatan Klakah, Lumajang, Jawa Timur, terbakar sejak kemarin, Rabu(16/7/2015) hingga hari ini, Kamis(17/9/2015). Api melalap hutan dan sulit berhenti hingga  merambat menuju Desa Curah Petung Kecamatan Ranuyoso.

A’ak Abdulah Kudus Koordinaor Laskar Hijau mengatakan, Biar api tidak merambat kelainnya, pihaknya terus bekerja sama dengan masyarakat dan tim Sar, TRC BPBD Lumajang, TNI/Polri terus melakukan pemadaman.

“Semua tim yang terrlibat terus melakukan pemadaman, biar tidak menjalar kelainnya,”katanya.

Menurut Gus A’ak Abdullah Kudus, kebakaran hutan lindung gunung Lemongan  mulai sejak pukul 10.00 Wib letak lokasi kebakaran berada di petak 12 dan 19.

“Api yang membakar hutan lindung terus cepat  menjalar, karena hembusan angin dari arah utara sangat kencang hingga melalap beberapa hektar,”ungkapnya.

Sementara itu, Misbakhul Munir Wakil ADM Perhutani Lumajang di konfermasi mengatakan, salah satu faktor penyebab kebakaran adalah cuaca ekstrem dan vegetasi sangat kering sehingga mudah terbakar.

“Saya harap masyarakat yang berada di sekitar hutan gunung lemongan agar tidak membuat peladangan liar  api secara cepat akan  membakar apapun di hutan. Karena itulah penyebab kebakaran yang selama ini adalah menjadi pemicu penyebab kebakaran hutan di gunung Lemongan,”himbaunya.

Atas kejadian kebakaran hutan lindung di gunung lemongan belum di ketahui pasti penyebab kebakaran.”Penyebab kebakaran ini belum di ketahui pasti, kemungkinan di lakukan orang yang tidak bertanggung jawab,”ujarnya Misbakhul Munir.(im/r7)

Loading...