Cintailah Produk Pertanian Dalam Negeri

Tidak ada komentar 412 views

Lebak, (DOC) – Masyarakat diminta mencintai berbagai produk komoditas pertanian dalam negeri untuk menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Kita sebagai bangsa yang kaya aneka ragam produk pertanian, tentu harus mencintai produk dalam negeri sendiri,” kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Lebak Dede Supriatna di Lebak, Kamis (3/9/2015).

Kualitas produksi komoditas pertanian dalam negeri itu tidak kalah dibandingkan produk luar negeri. Bahkan, beberapa produk komoditas pertanian dari Kabupaten Lebak menembus pasar Eropa dan Timur Tengah, seperti manggis dan rambutan. Karena itu, kata dia, pemberlakuan pasar bebas MEA Desember mendatang diharapkan masyarakat dapat mencintai berbagai ragam produk komoditas pertanian dalam negeri.

“Kami minta semua elemen masyarakat agar mencintai produk lokal agar bisa bersaing dengan negara lain,” katanya.

Menurut dia, sebetulnya varietas produk komoditas pertanian lokal memiliki keunggulan, di antaranya menyehatkan untuk dikonsumsi manusia juga harganya terjangkau kalangan masyarakat. Selain itu kualitas aneka rasa beragam, di antaranya ada yang manis, pulen, beraroma juga kelebihan lainnya, termasuk makanan organik tanpa menggunakan bahan kimia atau pengawet.

Dede mengajak masyarakat agar mencintai produk komoditas dalam negeri dibandingkan produk negara-negara ASEAN lainnya. Apabila, masyarakat mencintai produk lokal tentu dapat mengantisipasi ketergantungan kepada produk impor.

Di samping itu mencintai produk dalam negeri bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat juga penyerapan lapangan pekerjaan. Bahkan, kata dia, mencintai produk lokal bisa mengatasi masalah krisis rupiah terhadap dolar. (W/A/r4)