D-ONENEWS.COM

Penanganan Kebakaran di Lumajang Libatkan Peran Lintas Sektor

Lumajang,(DOC) – Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) menilai penanganan kebakaran di Kabupaten Lumajang sudah baik, ada koordinasi dan komunikasi lintas sektoral.

Hal tersebut di sampaikannya mengunjungi lokasi kebakaran Gudang Plywood milik PT Gasulindo di Desa Condro Kecamatan Pasirian, Minggu (22/10/2023).

Yuyun menyampaikan, bahwa seperti kejadian kebakaran di PT. Gasulindo, penanganan tidak hanya di lakukan oleh Damkar Satpol PP Kabupaten Lumajang, melainkan ada beberapa Damkar dari perusahaan swasta yang turut berkontribusi membantu penanganan.

“Ini kolaborasi juga, ada BPBD juga, ada Damkar dari perushaan swasta yang juga turut membantu,” katanya.

Di ketahui, kebakaran terjadi dua kali dalam sepekan, yaitu pada tanggal 20 Oktober dan 21 Oktober 2023 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lumajang, di dampingi Kepala Dinas Sosial PPPA, Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Lingkungan, Plt. Satpol PP dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang.

Kunjungannya tersebut dalam rangka mengetahui kondisi selepas terjadi kebakakaran yang menghanguskan hampir sebagian besar Gudang Plywood.

“Informasi yang saya terima, teman-teman ini sampai jam tiga pagi untuk memadamkan kebakaran yang ada di pabrik Gasulindo. Terima kasih kepada bapak-bapak semuanya yang bergerak cepat dan tanggap melakukan pemadaman,” terangnya.

Di sampaikan lebih lanjut, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja perusahaan menderita kerugian material, bahkan di taksir hingga miliaran rupiah.

“Resikonya memang ada kerugian tentang harta benda, tapi tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Sementara, dari hasil laporan Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, kebakaran bermula saat salah satu Mesin Blower mengeluarkan api dan menyambar tumpukan serbuk kayu dan sebagian material Plywood.

Karyawan bagian Brower melihat Mesin Brower mengeluarkan percikan api dan menyambar tumbukan Serbuk kayu, di karenakan angin bertiup cukup kencang api dengan cepat membakar tumbukan Serbuk dan sebagian material Plywood.

Satu unit mobil Damkar milik PT Mustika Tama tiba di lokasi langsung melakukan pembasahan. Kemudian penanganan di lakukan oleh dua unit Damkar milik Pemkab Lumajang dan satu unit lagi Damkar milik PT Mustikatama, di bantu personel TRC BPBD Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmam)

Loading...

baca juga