D-ONENEWS.COM

Tenang, Anak Demam Setelah Imunisasi Adalah Hal Normal

anak panas setelah imunisasi
Jakarta, (DOC) – Anak demam menjadi alasan banyak ibu tidak membawa anaknya ke Puskesmas untuk mendapatkan imunisasi. Padahal, demam merupakan hal yag normal terjadi. Demam pada anak setelah imunisasi bukan berarti ada yang salah dengan imunisasi yang diberikan.
Demam sebenarnya respon tubuh anak setelah mendapatkan imunisasi. Hal ini karena ada zat asing yang tidak dikenal masuk ke tubuh saat imunisasi. Tubuh kemudian akan menghasilkan respon imun yang sama seperti saat tubuh menghadapi penyakit. Sehingga, suhu tubuh anak meningkat. Tapi, sebenarnya pada saat ini tubuh sedang membentuk sistem kekebalan tubuh baru yang merupakan gabungan dari vaksin imunisasi yang masuk ke tubuh dengan sel-sel imun yang ada dalam tubuh.
Jadi, demam merupakan respon tubuh yang sangat normal terjadi. Mungkin tidak hanya demam, tapi juga bisa nyeri dan rasa gatal di bekas suntikan. Namun, setiap anak mungkin akan menunjukkan respon yang berbeda-beda setelah imunisasi.
Jika anak demam, jangan khawatir! Jika anak masih menyusu ASI, sebaiknya tetap berikan anak ASI. ASI dapat membantu anak mengatasi demamnya. Anda juga bisa mengompres anak dengan kompres hangat untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya. Kompres bisa ditaruh pada lengan atau paha tempat suntikan diberikan.
Jika suhu tubuh anak belum turun juga, Anda bisa memberikan paracetamol pada anak sesuai dosis yang dianjurkan (baca petunjuk pemakaian). Namun, jika demam anak makin tinggi (lebih dari 40 derajat celcius), anak terus menangis, anak menjadi lesu dan lemas, atau bahkan kejang, sebaiknya segera bawa anak ke dokter. (and)

Loading...

baca juga